Menghubungkan Menu Login Dan Menu Utama Pada Sistem Informasi

by Unknown  |  in Tutorial at  Jumat, Januari 16, 2015


 
Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang bagaimana cara mudah untuk membuat menu login, yg artikelnya bisa kalian baca DISINI. Nah diartikel kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial sederhana bagaimana cara untuk menghubungkan menu login dengan menu utama. Algoritmanya adalah pertama kita akan membuat sebuah frame login, yg mana jika username dan password benar, maka program akan memunculkan menu utama yg kemudian menu login sebelumnya akan kita hilangkan dengan menggunakan fungsi kode dispose(), fungsi dispose sendiri adalah untuk menutup frame login saat program telah membuka frame menu utama. Untuk  lebih lanjutnya silahakan kalian ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pertama kita akan membuat sebuah frame login, untuk tutorial lengkap membuat frame login silahkan kalian baca DISINI, tetapi untuk kode action tombol loginnya silahkan pastekan kode berikut tepat dibawah code "// TODO add your handling code here:"

if (UserN.getText().equals("informatika")){ 
            if (PassW.getText().equals("G1A014")){
               new MenuUtama1().show();
               dispose();
               }
            else
               JOptionPane.showMessageDialog(null,"Password Salah");
               }
else
   JOptionPane.showMessageDialog(null,"Username Salah");

*Nb
-. baris kode new MenuUtama1().show();, mengartikan bahwa kita akan memanggil menu utama setelah menu login dijalankan, kode "MenuUtama1" adalah nama frame yg selanjutnya akan kita buat (samakan huruf besar kecilnya).

2. Selanjutnya kita akan membuat menu utama dengan nama "MenuUtama1", silahkan buat sebuah frame baru dengan cara klik kanan-->new-->JFrame Form.
 menu utama java, utama netbeans, login menu, java
3. Kemudian pada menu utama ini kita isikan saja dengan sebuah Label dengan nama "Selamat Datang di Menu Utama".
menu utama java, utama netbeans, login menu, java
4. Sekarang silahkan coba run dari menu login, masukan username dan password, kemudian klik tombol login, jika berhasil maka program akan beralih/masuk ke menu utama.
menu utama java, utama netbeans, login menu, java
*Untuk fungsi kode dispose() disini sangat penting untuk diletakkan disetiap peralihan frame, silahkan coba hapus kode dispose() dan jalankan untuk melihat perbedaan dan fungsi nyata dari kode tersebut.

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di compi gaul
feedcount

3 komentar:

  1. malem compigaul,artikelnya sangat bermanfaat sekali,sebelumnya terima kasih,saya mau tanya apabila kita tambahkan 2 user untuk login,gmn codingnya y?thxs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam juga mas luthfi, kalo untuk multi user coba ganti kodingan pada langkah nomor 1 menjadi seperti berikut

      if ((user.getText().equals("user1")&& pass.getText().equals("pass1")) ||
      (user.getText().equals("user2")&& pass.getText().equals("pass2")) ||
      (user.getText().equals("user3")&& pass.getText().equals("pass3")){
      new MenuUtama1().show();
      dispose();

      }
      else{
      JOptionPane.showMessageDialog(null,"masukkan ID dan Password yang benar");
      }

      Hapus
  2. Makasih min, aplikasi ane berhasil!!

    BalasHapus

Proudly Powered by Blogger.