Tutorial Lengkap Instal Dan Setting Java Pada Windows

by Unknown  |  in Tutorial at  Sabtu, November 22, 2014

Seperti yg kita ketahui bahwa JAVA adalah sebuah bahasa pemrograman dekstop yg sangat populer dikalangan programmer saat ini. Java memiliki slogan yaitu "Tulis sekali, jalankan dimanapun", ini adalah salah satu kelebihan dari bahasa pemrograman java tersebut yaitu multi platform dan multi device, yg mana dengan sekali kita menuliskan program dengan bahasa java maka program tersebut bisa dijalankan di semua komputer dan perangkat yg mendukung fitur java.

Disini jika kalian ingin belajar tentang bahasa pemrograman java, setidaknya kalian harus menginstal terlebih dahulu file Java Development Kit (JDK). File tersebut bisa kalian download di situs resminya Oracle.com, atau bisa kalian download file JDK nya DISINI.
Untuk cara instal dan setting java pada windows, akan saya jelaskan pada tutorial berikut ini.

Cara Instal JDK
1. Disini saya asumsikan bahwa kalian telah memiliki file mentah java, silahkan kalian buka file tersebut untuk memulai proses instalasi.
2. Instal aplikasi ini seperti biasa layaknya menginstal aplikasi lainnya, setting folder instal nya pada "C:\Program Files".

instal java di windows

3. Selanjutnya sistem akan mengekstrak file JDK dan memulai proses instalasi. Silahkan tunggu hingga proses tersebut selesai.
instal java diwindows

4. Hingga muncul jendela pesan bahwa jdk telah berhasil terinstal. Silahkan klik "Close" untuk menyelesaikan proses instalasi.
instal java di windows






Cara Setting JDK
1. klik kanan pada "My Computer" kemudian pilih "Properties", akan muncul jendela system, klik pada "Advenced system settings".
instal java di windows

2. Pada jendela system properties, pilih "Environment Variables..".
instal java di windows

3. Pada jendela selanjutnya edit variable "path", dengan cara double click variable "path".
Setting java

4. Selanjutnya pada jendela edit user variable, data yg ada pada variable value jangan dihapus, cukup berikan spasi dan tanda ";" pada akhir kalimat, kemudian tembahkan kode berikut "C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_25\bin"
setting java

*kode yg berwarna merah adalah versi java yg saya instal, silahkan ubah jika kalian menginstal versi java lainnya

5. Terakhir silahkan klik ok pada semua jendela.

Untuk mengecek apakah java telah benar-benar teinstal atau belum, silahkan buka CMD dengan mengetikan "cmd" pada menu run, selanjutnya pada cmd silahkan ketikan "javac" kemudian enter. Jika hasilnya yg muncul sama dengan gambar berikut maka java telah berhasil terinstal dan siap untuk digunakan.
setting java

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di compi gaul
feedcount

3 komentar:

  1. pembahasan menarik thanks bro
    ane udah konbal :v

    BalasHapus
  2. bang punya ane di usser variabble gk ada path nya klu di system variable nya ada, mnta solusinya

    BalasHapus
  3. boss nambahin donk buat ubuntu, biar bisa compile javac :D
    biar nambah informasi semua orang boss
    http://goo.gl/CBlMxE

    BalasHapus

Proudly Powered by Blogger.