Cara Mengunci Ukuran Frame/Layar Java Netbeans

by Unknown  |  in Tutorial at  Jumat, Juni 26, 2015

kunci layar java netbeans
Haii sobat CompiGAUL sekalian.. pada kesempatan menulis artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengunci layar frame netbeans. Frame netbeans adalah interface aplikasi yg kita ciptakan dari netbeans, yg nantinya frame inilah yg menjadi antar muka dan menjadi tampilan dari aplikasi saat di run atau jalankan, sehingga nanti saat frame netbeans tersebut kita jalankan, maka frame tersebut tidak bisa di ubah ukurannya. Dengan kata lain ukuran frame nya akan terkunci.

Lantas untuk apa hal ini kita lakukan ??, menurut saya, hal ini perlu di lakukan untuk menjaga letak/posisi dari semua komponen yg nantinya ada di dalam frame tersebut, karna sering kali saat program dijalankan, dan kemudian ukuran frame nya di ubah atau di maksimalkan, maka letak dari setiap komponen nya akan terganggu dan terkesan acak-acakan. Maka dari itu kita harus menjaga kestabilan dari aplikasi yg kita ciptakan baik dari system mau pun user interface nya.
Untuk itu bagi kalian yg ingin menggunakan cara ini, silahkan ikuti saja tutorial berikut ini.

1. Terlebih dahulu buatlah sebuah frame pada projects kalian, klik kanan pada project -->new -->Jframe Form. Isi nama frame nya kemudan klik finish.
kunci layar java netbeans

kunci layar java netbeans

2. Disini nama frame saya adalah "NewFrame.java", kemudian silahkan klik "properties" pada area frame kalian.

3. Lihat pada kanan layar, cari pengaturan "resizeable" pada bagian properties. Jika sudah ketemu silahkan hilangkan tanda centang pada opsi "resizeable".
kunci layar java netbeans

4. Terakhir silahkan jalankan frame nya, dan lihat hasilnya, maka frame yg dijalankan tersebut tidak akan bisa diubah ukurannya, begitu juga dengan tombol maximize nya tidak akan berfungsi.
kunci layar java netbeans

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di compi gaul
feedcount

0 komentar:

Proudly Powered by Blogger.